About

halluuu,,, kenalin,,, anindithya hadir untuk membantu my prend my prend yg juga kuliah di jurusan pendidikan biologi,,, monggo dinikmati pencariannya.

PERKEMBANGAN DIPENGARUHI OLEH PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN { P > L }


PERKEMBANGAN DIPENGARUHI OLEH PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN
{ P > L }


Setiap orang bahkan anak yang yang baru lahir pun pasti melakukan interaksi sosial.  Dan hal itu dapat mempengaruhi perkembangan jiwanya. Namun dia juga pasti memeliki pembawaan yang ada dalam dirinya sejak masa dalam kandungan yang diturunkan dari orang tua dan leluhurnya. Pembawaan ini nantinya juga akan mempengaruhi perkembangannya baik fisik maupun psikis.

Mana yang lebih berpengaruh? Jika hal ini ditanyakan setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda. Pendapat – pendapat ini mungkin adalah cerminan si penjawab, dimana mereka mungkin menalami ketimpangan pengaruh yaitu antara faktor luar dan dalam. Atau juga orang – orang yang sudah merasa seimbang antara keduanya.

Menurut saya perkembangan seseorang akan sangat dipengaruhi oleh pembawaannya sendiri. Artinya pengaruh pembawaan lebih kuat dari pengaruh lingkungan. Pembawaan yang jelas terlihat dan tidak mungkin dipungkiri adalah fisik. Dimana meskipun orang itu berbaur, lingkungan tetap tidak punya andil dalam perkembangan fisiknya. Fisiknya tetap akan berkembang sesuai dengan apa yang ada dalam tubuhnya yaitu, gen orang tua, pengaruh hormon dan asupan nutrisi.

 Yang kedua adalah kecerdasan otak. Kebanyakan orang mengira bahwa bergaul dengan orang pandai akan ikut menjadi pandai. Saya tidak setuju dengan pernyataan ini. Ketika bergaul dengan orang pandai kita bisa mengikuti cara belajarnya dan ikut menguasai materi yang dipelajari bersama. Namun sesungguhnya kemampuan itu adalah kemampuan kecerdasan otaknya sendiri yang sebelumnya kurang terasah karena malas atau ketidaksadaran kita pada kemampuan diri sendiri. Tingkat kecerdasan kita hanya mampu mengalami kenaikan atau penurunan sebesar + / - 5 saja. Artinya, jika kita bisa menguasai materi karen aberada di lingkungan anak pangdai, maka sebenarnya kita mempunyai kecerdasan otak yang setara atau rata – rata sama dengan mereka bahkan mungkin lebih tinggi. Sebaliknya jika kita memiliki kecerdasan otak yang lebih rendah atau jauh di bawah mereka, maka tentu penguasaan materi tidak akan maksimal.

Berikutnya adalah karakter. Kita sering mendengar ’karakternya kuat’ atau ’berkarakter lemah’.  Kuat  lemahnya karakter inilah yang juga mempengaruhi seberapa besar lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan seseorang. Orang yang berkarakter kuat cenderung sulit dipengaruhi oleh lingkungan bahkan dia dengan pembawaannya yang akan mendominasi lingkungannya. Sebaliknya orang berkarakter lemah akan cenderung mudah terpengaruh dengan lingkungannya.

Setiap orang memiliki masa dimana dia akan berkembang karena pembawaanya dan ada saatnya ia akan dipengaruhi lingkungan. Namun hendaknya kekurangan pada pembawaan tidak dijadikan alasan untuk penghentian penggalian kemampuan seseorang.
Share:

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Total Pengunjung Blog

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Blogger templates