About

halluuu,,, kenalin,,, anindithya hadir untuk membantu my prend my prend yg juga kuliah di jurusan pendidikan biologi,,, monggo dinikmati pencariannya.

LICHENES


1.1     MORFOLOGI LUAR
Tubuh lichenes dinamakan thallus yang secara vegetatif mempunyai kemiripan dengan alga dan jamur. Thallus ini berwarna abu-abu atau abu-abu kehijauan. Beberapa spesies ada yang berwarna kuning, orange, colkat atau merah dengan  habitat yang bervariasi.
Lichenes hidup sebagai epifit pada pepohonan, tetapi dapat juga di atas tanah, terutama di daerah tundra di sekitar kutub utara.
Berdasarkan bentuknya lichenes dibedakan atas empat bentuk:
a.      Crustose                                                                                       
lichenes yang memiliki thallus yang berukuran kecil, datar, tipis, dan selalu melekat ke permukaan batu, kulit pohon atau di atas tanah. Contoh : Graphis scipta, Haematomma puniceum, Acarospora atau Pleosidium. Lichen crustose yang tumbuh terbenam di dalam batu hanya bagian tubuh buahnya yang berada di permukaan disebut endolitik, dan yang tumbuh terbenam pada jaringan tumbuhan disebut endoploidik atau endoploidal. Lichen yang longgar dan bertepung yang tidak memiliki struktur berlapis disebut leprose.
(contoh:Acaros spora Crustose)

 

b.   Foliose                                                                                                                    
Lichen foliose memiliki struktur seperti daun yang tersusun oleh lobus-lobus. Lichen ini melekat pada batu-batu, ranting dengan rhizenes. Rhizenes berfungsi sebagai alat untuk mengabsorbsi makanan. Contoh:  Xantoria, Physcia, Peltigera, Palmelia.
Xantoria elegans(contoh foliose)